Hai sobat, tetap mengenai pembahasan seputar otomotif. Pada peluang hari ini saya bakal membahas mengenai salah satu komponen sepeda motor yang berperan penting untukkemanan saat berkendara, yaitu REM.

 Tutorial Paling baik Memelihara Rem Cakram Sepeda Motor Supaya Tahan lama

Bagi sepeda motor, rem adalah komponen yang sangat penting serta vital. Motor yang melaju dengan kecepatan rendah alias tinggi memerlukan sistem keamanan ketika ingin berhenti alias ada sesuatu yang mengwajibkan untuk berhenti.
  • Manfaat Rem
Rem mempunyai manfaat untuk menghentikan laju sepeda motor. Rem sangat diperlukan pengendara untuk mengendalikan kecepatan motor supaya tak terjadi kecelakaan. Sistem pengereman pada sepeda motor mempunyai performa yang berbanding lurus dengan performa dari mesin motor itu sendiri.

Apabila energi yang dihasilkan mesin sepeda motor terus besar, maka diperlukan juga sistem pengereman yang terus baik juga.
  • Jenis Rem Sepeda Motor
Ada dua tipe rem yang tak jarang kami ketahui pada sepeda motor, yaitu :

      a.      Rem Tromol (Drum Barake)
      b.      Rem Cakram (Disc Brake).

Kedua tipe rem ini mempunyai manfaat serta peranan yang sama pada sepeda motor, yaitu untuk memperlambat alias mengehentikan laju sepeda motor. Tetapi, kedua tipe rem ini mempunyai kelebihan serta ketidak lebihan masing masing ( bakal saya bahas di artikel yang lain).

Komponen rem Cakram
Pada rem cakram, ada komponen-komponen penyusun yang tersedia pada rem cakram yang bisa kamu baca di bawah ini :

1.      Disc alias Piringan Cakram
Hal mendasar yang sehingga perbedaan antara rem cakram dengan rem tromol adalah konstruksinya. Rem Cakram mempunyai komponen piringan cakram yang mempunyai peranan penting dalam kinerja rem cakram dalam menghentikan laju kendaraan.

Piringan cakram terbuat dari bahan cast alloy alias baja tuang yang tahan panas dampak gesekan saat proses pengereman. Piringan cakram juga biasanya tahan kepada korosi. Piringan cakram dengan cara langsung mengalami gesekan dengan komponen cakram, kampas cakram yang membikin pengereman menjadi kuat serta manjur.
 
2.     Master Rem
Komponen cakram yang kedua adalah master rem. Master rem mempunyai komponen penyusunnya yaitu, bak penampung minyak rem, handle untuk menekan piston, serta juga tersedia pegas (spring) yang bermanfaat mengembalikan handle rem cakram ke posisi semula.

Manfaat dari master rem adalah menekan minyak rem, yang kemudian ajaran minyak rem menekan caliper serta juga menakan kampas cakram untuk menjepit disc cakram.
 
3.     Piston
Piston pada cakram bertugas untuk membuka serta menutup ajaran minyak rem dari bak penampungan untuk di tekan menuju caliper.
 
4.     Selang rem
Selang rem pada cakram mempunyai manfaat sebagai penyalur minyak rem yang ditekan oleh piston ke caliper.
 
5.     Kaliper
Kaliper juga berperan penting pada rem cakram. Kaliper bakal menekan serta menjepit piringan cakram dalam proses pengereman. Di dalam caliper juga tersedia piston yang bermanfaat sebagai penekan kampas rem cakram.
 
6.     Kampas rem
Komponen cakram yang paling mempunyai peranan adalah kampas rem. Kampas rem bermanfaat memaksimalkan saat pengereman dengan mencengkeram piringan cakram. Komponen kampas rem yang terbuat dari bahan asbes ini paling cepat aus serta habis apabila tak jarang memakai rem cakram.

Cara Kerja Rem Cakram
Komponen-komponen cakram di atas mempunyai peranan serta tugas masing –masing dalam proses pengereman. Tutorial kerja rem cakram adalah saat pemakai motor hebat handle rem cakram, piston pada master rem bakal terdorong serta memberbagi tekanan pada minyak rem serta minyak rem bakal dialirkan melewati selang rem menuju caliper kemudian piston dalam caliper menekan kampas rem untuk menjepit serta mencengkeram piringan cakram. Piringan cakram yang terjepit kampas rem bakal menyebabkan ban depan melambat serta sekaligus melambatkan serta mengehentikan laju motor.

Pada saat handle rem cakram  di lepas, maka kampas bakal meregang serta piringan cakram bakal leluasa dari cengkeraman kampas rem. Proses tersebut bakal mengembalikan kondisi semula serta motor bakal kembali melaju.

Cara memelihara Rem Cakram
Sebab pentingnya peranan rem cakram sebagai pengaman ketika memakai motor, sangat butuh diperbuat perawatan untuk menjaga rem cakram tetap tahan lama serta tahan lama. Langkah perawatan yang bisa kamu perbuat adalah sebagai berikut :
 
1.      Memebersihkan Rem Cakram dengan Disc Cleaner
Menjaga piringan cakram bersih adalah tutorial memelihara rem cakram yang dianjurkan, sebab kotoran yang menempel pada piringan cakram bakal membikin kinerja cakram menjadi tak baik serta optimal.

Bersihkan piringan cakram dengan memakai pembersih khusus (Disc Cleaner) untuk menghapus kotoran serta kerak yang menempel pada piringan cakram. Faktor ini berfungsi supaya pengereman bisa maksimal serta pemakai juga bakal terhindar dari kecelakaan.
 
2.     Memperhatikan Minyak Rem
Minyak rem yang bertidak lebih sangat mempengaruhi pengereman. Perbuat pergantian minyak rem dengan cara berkala supaya rem cakram rutin dalam kondisi optimal serta pengereman menjadi baik. Rutin periksa juga kondisi minyak rem, tambahkan apabila minyak rem bertidak lebih.
3.     Ganti Rem Yang telah aus
Proses pengereman dengan rem cakram tak lepas dari kerja kampas rem. Kampas rem yang paling cepat habis, sebab rutin mengalami gesekan dengan priringan cakram. Kondisi kampas rem yang aus alias telah habis bakal membikin pengereman tak optimal serta bisa membahayakan pemakai motor. Maka dari itu kamu butuh mengganti kampas rem yang telah habis dengan kampas rem baru.
 
4.     Gunakan Rem Cakram Saat mendesak saja
Trik yang satu ini juga sangat penting dalam memelihara rem cakram supaya tetap tahan lama. Memakai rem cakram terlalu tak jarang serta terkadang tak pada saat yang cocok bakal membikin rem cakram serta komponen-komponenya bakal cepat habsi serta rusak. Gunakanlah rem cakram apabila terbukti keadaannya mendesak. Apabila untuk proses pengereman yang normal kamu bisa gunakan rem tromol untuk menghentikan laju motor anda.
 
Memelihara rem cakram diperlukan perhatian yang lebih, khususnya komponen kampas rem serta minyak rem yang mudah habis, supaya motor kamu tetap prima serta rem cakram kamu tetap tahan lama.

BTemplates.com

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts